Chinook CH-47 ,Si Bongsor Berbaling-Baling Ganda Yang Legendaris Di Medan Perang dan Bencana Alam


Chinook CH-47 ,Si Bongsor Berbaling-Baling Ganda Yang Legendaris  Di Medan Perang dan Bencana Alam

Gempa bumi dan tsunami yang menghantam Aceh dan Sumatera Utara pada 26 Desember 2004 silam tercatat sebagai sebagai gempa dan tsunami yang paling banyak mengambil korban dalam dua abad terakhir ini.Tercatat lebih 200 ribu korban melayang karena gempa bumi dan terutama oleh gelombang tsunami.
Namun bencana yang dahsyat ini justru membuat dunia bergerak dengan segera untuk mengulurkan bantuannya .Di tengah gagapnya Pemerintah Indonesia yang minus dalam pengalaman menangani bencana dengan skala besar,seluruh dunia ketika itu tanpa diminta segera mengirimkan bantuan .




Bantuan dalam bentuk makanan menjadi sangat krusial di hari-hari  pertama setelah terjadinya tsunami.Bantuan peralatan dan kendaraan juga tidak kalah pentingnya mengingat hampir semua insfrastruktur ketika itu hancur lebur diterjang gelombang setinggi 10 meter lebih.Untuk mengangkut bantuan makanan dan peralatan bantuan lainnya untuk segera didistribusikan kepada korban tsunami tidak bisa menggunakan kendaraan darat .
Salah satu kendaraan yang sangat melekat dalam benak masyarakat ketika itu adalah kehadiran helikopter Chinook  CH 45 milik Angkatan Bersenjata Amerika Serikat dan Angkatan Bersenjata Singapura serta beberapa milik Angkatan Bersenjata Australia.
Helikopter besar dengan baling baling ganda kehadirannya sangat berguna di awal awal  hari sesudah terjadinya tsunami.Tugas mengantar bantuan dan mengevakuasi  korban korban yang membutuhkan perawatan menjadi pemandangan sehari hari yang sering kita jumpai di Banda Aceh dan Meulaboh .Bahkan tak jarang helikopter ini sering dijumpai mengangkut mobil kecil unutk keperluan bantuan di lapangan.Kedatangan Chinook CH 45 disuatu tempat bisa ditandai dengan deru dari baling-balingnya yang sangat kuat dan terdengar sampai radius beberapa kilometer.
Reputasi dan jasa Chinook Ch 47 tentu tidak hanya dalam penanganan bencana alam.Chinook CH 47 ini justru didesain sebagai salah satu pendukung dalam peperangan baik skala besar ataupun  kecil.
Dengan kapasitas angkut penumpang yang banyak,Chinook CH 47 sangat berguna untuk mengangkut prajurit yang akan bertempur ke tempat-tempat yang tidak bisa dijangkau  dengan kenderaaan darat atau dengan melalui penerjunan udara.Helikopter ini juga bisa mengangkut alat alat tempur dalam skala besar. Dengan kecepatan mencapai 315 kilometer perjam ,helikopter ini memang sangat berguna untuk mendukung  kebutuhan pasukan tempur yang selalu berkejaran dengan waktu di lapangan .







Tercatat Chinook CH 47 sudah mulai aktif digunakan di Perang Vietnam,Perang Irak-Iran,Perang Malvinas,serta Perang Irak –Kuwait serta berbagai medan perang lainnya di seluruh dunia. Selain US Army atau Angkatan Darat Amerika Serikat tercatat banyak negara lainnya yang menggunakan jasa si bongsor ini.sebut saja Angkatan Darat Ingrris (UK Army) ,Pasukan beladiri Jepang,Argentina serta bayak negara lainnya
Boeing Rotorcraft System ,perusahaan yang memproduksi Chinook CH 47  sudah mulai memproduksi helikopter ini sejak tahun 1961 dan sampai tahun 2012 tercatat sudah memproduksi lebih  dari 1200 unit .saat ini harga helikopter yang namanya diambil dari salah satu nama suku penduduk asli Amerika ini sekitar 40 juta Us dollar unutk setiap unitnya.
Chinook Ch 47 sendiri tidak hanya digunakan oleh pihak militer semata.Boeing Rotorcraft System juga memproduksi helikopter yang sama uutk kebutuhan sipil .Untuk versi sipil ini diberi nama Boeing Vertol 234.Vertol sendiri merupakan nama perusahaan pertama yang mengembangkan helikopter Chinook ini sebelum diambil alih oleh Boeing.
Boeing Vertol 234 ini sendiri digunakan oleh berbagai operator sipil di berbagai belahan dunia untuk berbagai keperluan.Baik untuk mengangkut penumpang maupun untuk mengangkut logistik .

Comments

Popular posts from this blog

44 Tahun Rumble in the Jungle ,Ali Bomaye,Ali Bomaye

Dominasi Iran Di Matras Gulat Asian Games